PTQ Ke-51 RRI Takengon Dimulai, Dibuka Oleh Bupati Shabela Abubakar

  • Whatsapp

Keizalinnews.com | Takengon – Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Ke-51 dalam wilayah kerja Radio Republik Indonesia (RRI) Takengon Tahun 2021/1442 H resmi dimulai.

Pembukaaan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari hingga tanggal 15 April itu, digelar di Masjid Agung Ruhama’ Takengon dan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, Selasa (13/04/2021).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Bener Meriah, Dailami serta sejumlah kepala SKPK dan Kepala Kantor Kemenag dua kabupaten bertetangga tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Shabela mengatakan bahwa kegiatan PTQ kali ini sangat relevan dengan keadaan yang saat ini sangat membutuhkan pribadi-pribadi yang kuat dan berlandaskan Al-Qur’an.

Dikatakannya, melalui PTQ yang dilaksanakan oleh RRI Takengon ini, dapat mendorong semangat dan keterlibatan masyarakat untuk lebih banyak mengkaji dan mempelajari Al-Qur’an secara paripurna, sehingga dapat mengantisipasi pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an yang sepotong-sepotong atau dangkal, yang kerap dimanfaatkan para musuh Islam untuk membentuk penyimpangan, intoleransi, radikalisasi maupun aksi teror.

“Tentu kita tidak inginkan pemahaman dan perilaku teroris atau aliran sesat terjadi di Daerah kita. Untuk itu, mari kita sesama masyarakat saling mengingatkan, saling menjaga dan mengantisipasi lahirnya faham radikal yang memunculkan aksi teror dan kekerasan,” kata Shabela.

“Islam itu agama rahmatan lil ‘alamin dan Al-Qur’an menjadi pedoman untuk menciptakan pribadi-pribadi yang baik serta penyebar pesan damai dalam masyarakat,” tegasnya.

Terkait dengan pelaksanaan PTQ ini, Bupati Shabela berpesan agar peserta yang akan berlomba dapat memberikan penampilan terbaik secara totalitas, sehingga akan meningkatkan kapabilitasnya untuk berprestasi ditingkat yang lebih tinggi.

“Tampillah dalam PTQ ini dengan penuh kesungguhan dan totalitas. Kita harapkan utusan RRI Takengon nanti juga dapat berprestasi di Tingkat Nasional,” tutup Shabela.

Sebelumnya Kepala LPP RRI Takengon Muhsin Zein, menyatakan dalam pelaksanaan PTQ tahun ini diikuti oleh 46 orang peserta putra/ putri utusan dari Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah yang akan bersaing pada tiga cabang perlombaan.

“Mereka akan bersaing pada tiga cabang perlombaan, yaitu cabang Tilawah, Tahfidz Quran dan Lomba Tausiyah,” ujar Zein dalam laporannya.

Zein menyebutkan, juara satu untuk Cabang Tilawah dan Hifzil Quran secara otomatis akan mewakili RRI Takengon pada Ajang PTQ RRI Tingkat Nasional di Palembang pada Mei 2021 mendatang. Sementara itu, untuk juara satu Cabang Tausiyah harus diseleksi atau bersaing kembali dengan tiga LPP RRI lainnya di Aceh untuk mewakili LPP RRI Korwil Aceh.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan ini terdiri atas Cabang Tilawah diikuti 18 peserta, 11 putera dan 7 puteri. Untuk Cabang Tahfidz atau Hapalan Al-Qur’an, diikuti oleh 10 peserta yakni 4 putera dan 6 puteri. Terakhir pada Cabang Tausiyah diikuti 18 peserta, yang masing-masing-masing diikuti oleh 7 putera dan 9 puteri. (Indra G)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *