Perlunya Penyusunan Perencanaan Tenaga Kerja

  • Whatsapp

 

KeizalinNews.com, Manggar

Bacaan Lainnya

Kompleksnya permasalahan di bidang ketenagakerjaan, mulai dari kualitas tenaga kerja yang rendah, rentannya tenaga kerja dengan persaingan global, informasi pasar kerja yang relatif terbatas hingga masalah upah kerja, kesehatan dan keselamatan tenaga kerja yang masih rendah menjadi salah satu dasar pentingnya perencanaan ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Sayono saat membuka sosialisasi asistensi penyusunan perencanaan tenaga kerja daerah Kabupaten Beltim, Kamis (14/10).

“Kegiatan ini memiliki makna penting bahwa perencanaan tenaga kerja daerah membutuhkan gambaran tenaga kerja yang tersedia dimasa mendatang. gambaran tenaga kerja yang tidak termanfaatkan oleh ekonomi serta gambaran aktivitas yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan,” jelas Sayono.

Ia berharap tiap OPD mampu menyusun perencanaan tenaga kerja sehingga nantinya dapat tersusun dokumen perencanaan tenaga kerja yang bisa menjadi acuan bagi OPD dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan.

Disisi lain, Siti Kustiati selaku Kepala Pusat Perencanaan Tenaga Kerja Kemnaker RI meminta agar dalam penyusunan perencanaan tenaga kerja dapat berkolaborasi bersama sehingga ada peningkatan penyerapan tenaga kerja.

“Dalam perencanaan tenaga kerja harus diimplementasi bersama dan lebih baik lagi kita berkolaborasi bersama sehingga tenaga kerja di Beltim dapat pekerjaan dan kesempatan kerja semakin terbuka,” ujar Siti Kustiati.

Di dalam perencanaan tersebut, lanjut Siti, dapat diketahui potensi dan sektor apa yang ada di Beltim untuk dikembangkan. Pihaknya di Kementerian Ketenagakerjaan terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan pemda baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota agar akses program-program pelatihan kerja baik di pusat maupun daerah akan semakin mudah dan terjangkau masyarakat. (My/ver)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *