Sosialisasi Kebijakan Keimigrasian Kelas II TPI Tanjungpandan Bagi WNA Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

KeizalinNews.com, Belitung

Kegiatan sosialisasi kebijakan keimigrasian terbaru yang dilaksanakan Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan bagi Warga Negara Asing (WNA), dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, yang bertempat di Hotel BW Suite, Kabupaten Belitung, Rabu (26/10/2022).

Bacaan Lainnya

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kepala Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Babel, Barron Ichsan pada hari Rabu 26 Oktober 2022, dimulai pukul 09:00 WIB hingga acara berakhir pada siang hari.

Adapun kegiatan sosialisasi ini untuk menambah pemahaman mengenai peningkatan kualitas pelayanan, bertujuan untuk memastikan dan menertibkan, baik keberadaan maupun tanggung jawab secara penuh terhadap WNA yang dijamin selama berada diwilayah Indonesia.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai kemudahaan layanan izin inggal Keimigrasian WNA di Indonesia serta kita wajib memberikan layanan terbaik sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan, Suyatno sampaikan bahwa kegiatan pemaparan sosialisasi layanan izin tinggal keimigrasian terbaru ini. Menindaklanjuti terbitnya pedoman kebijakan keimigrisaian layanan E-Visa dan penerbitan Visa di pewakilan RI, dengan Nomor: IMI-0709.GR.01.01 Tahun 2022, pada tanggal 23 September 2022.

“Untuk mendukung peningkatan investasi asing dan kunjungan kepariwisataan ke dalam negeri, ada juga pedoman kebijakan keimigrasian nelalui layanan E-Visa dan Penerbitan Visa RI yang mudah dan cepat,” imbuh Suyatno.

Sementara itu

Feri Ferdinanto, yang merupakan Analis Keimigrasian Muda dari Direktorat Jenderal Imigrasi mewakili Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, sampaikan pentingnya izin tinggal bagi WNA, agar terhindar dari sanksi administrasi dalam hal jaminan keimigrasian.

“Izin yang diberikan kepada Orang Asing oleh Pejabat Imigrasi atau pejabat dinas luar negeri untuk berada di wilayah Indonesia tidak boleh memiliki lebih dari 1 (satu) Izin Tinggal (Psl 113 PP 31/2013),” ungkap Feri.

Izin Tinggal Kunjungan dan Visa Kunjungan

Ia menambahkan mengenai perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan (ITK) dan Visa Kunjungan (VK) berdasarkan UU Cipta Kerja dan PP Nomor 48 Tahun 2021 Psl 89, menjelaskan mengenai; Visa kunjungan satu kali perjalanan, Visa Kunjungan beberapa kali perjalanan, Visa kunjungan saat kedatangan, serta Bebas visa kunjungan.

Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan

Diberikan paling lama 180 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan

Diberikan paling lama 180 hati dan dapat diperpanjang paling lama 180 hari dengan ketentuan.tidak lebih dari 12 bulan.

Visa Kunjungan Saat Kedatangan

Diberikan paling lama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Bebas Visa Kunjungan

Diberikan paling lama 30 hari dan tidak dapat diperpanpang.

Hadir pada kegiatan tersebut,

Feri Ferdinanto, yang merupakan Analis Keimigrasian Muda dari Direktorat Jenderal Imigrasi mewakili Direktur Izin Tinggal Keimigrasian Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel Barron Ichsan, Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan Suyatno beserta jajarannya, perwakilan dari perusahaan serta rekan awak media.(Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *