Dua Aksi Heroik Pos Babinpotmar Langsa Posal Seuruway Selamatkan Nelayan Tenggelam Di Perairan Aceh Tamiang

KeizalinNews.com Aceh Tamiang — Sebuah kapal nelayan tenggelam di Perairan Kuala Aloe Mon, Desa Raja Muda Kecamatan Mayak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang. Beruntung, para nelayan bisa diselamatkan oleh Anggota Pos Babinpotmar Posal Seuruway yang segera meluncur ke lokasi usai mendapatkan laporan dari Geuchik Kuala Langsa, Kamis (24/11/2022).

Peritiwa yang dialami kapal yang membawa 2 (dua) nelayan ini terjadi saat pukul 18.30 WIB, korban atas nama Haikal Firmansyah bersama 1 (satu) orang rekannya sedang melaboh jaring, pada saat itu jaring tersebut masuk kedalam kipas boat milik korban sendiri, korban kemudian turun berusaha memperbaiki jaring yang nyangkut kedalam kipas menggunakan gergaji besi, namun gergaji yang digunakan jatuh kedalam air, rekan korban bernama Farhan yang berada diatas boat melempar jangkar berharap boat dapat stabil, namun dikarenakan ombak yang besar, boat korban kehilangan kendali dan mengalami pecah dibagian didinding boat yang menyebabkan boat terbalik dan tenggelam, para korban yang menyadari kondisi tersebut berusaha berenang menyelamatkan diri menuju pantai, namun karena cuaca yang buruk korban kesulitan sehingga bertahan berpegangan dibadan kapal, sampai akhirnya mereka dievakuasi oleh Anggota Pos Babinpotmar Langsa Posal Seuruway.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, peristiwa serupa terjadi di Perairan Ujung Kuala Genting Kuala Penaga Kecanatan Seuruway Kabupaten Aceh Tamiang pagi hari tadi sekitar pukul 06.00 WIB, ombak besar di Perairan Kuala Genting menyebabkan air laut masuk kedalam boat sehingga kapal yang ditumpangi korban atas nama Zulkifli, Idris Usman dan Johan karam, beruntung para korban berhasil diselamatkan dan mendapatkan pertolongan pertama di Posal Seuruway.

Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir ini membuat para nelayan harus waspada dan ekstra berhati-hati dalam melaut, bahkan beberapa nelayan memilih untuk tidak pergi berangkat melaut, mengingat badai yang kerap kali terjadi diatas laut saat cuaca buruk tak menentu seperti saat ini.

Komandan Lanal (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para prajurit Posal jajaran Lanal Lhokseumawe.

Sesuai arahan Kepala Staf TNI AL (Perkasal) nomor 8 tahun 2021 tentang Pos TNI AL, yang juga memiliki fungsi pembinaan potensi maritim dan membantu pelaksanaan pencarian dan penyelamatan terhadap kecelakaan di laut.  (Hera)

(Sumber Pen Lanal Lhokseumawe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *