Irjen Achmad Kartiko Kapolda Aceh Tinjau Kesiapan Polres Aceh Barat dalam Menghadapi Pemilu 2024

Keizalinnews.com|Meulaboh”._¬†Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko mengatakan, kunjungan kerja (kunker) dirinya ke Polres Aceh Barat bukan hanya sekedar formalitas, tetapi ia ingin melihat secara faktual kondisi kamtibmas dan kesiapan personel di kewilayahan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Dalam kunjungan kerja itu, kata Achmad Kartiko, dirinya juga sengaja mengajak Irwasda dan beberapa pejabat utama untuk membantu mem-backup bila polres jajaran mengalami kendala. Hal itu juga bagian dari kontrol, pengawasan, dan pengendalian dari pimpinan Polda Aceh.

Bacaan Lainnya

“Kunjungan kerja ini bukan sekadar kunjungan biasa atau formalitas, tapi upaya mengetahui secara faktual kondisi kamtibmas dan kesiapan kewilayahan dalam menghadapi pesta demokrasi pada 2024 mendatang,” kata Achmad Kartiko, saat kunker di Polres Aceh Barat, Senin, 20 November 2023.

Dalam arahannya kepada personel Polres Aceh Barat, orang nomor satu di Polda Aceh itu juga menyampaikan, polisi memiliki wewenang sebagai alat negara. Wewenang itu tidak hanya untuk melayani masyarakat pada pengurusan administrasi kepolisian, seperti SIM dan SKCK. Namun, pelayanan itu termasuk menerima pengaduan walaupun itu di luar pidana.

“Melayani masyarakat bukan hanya pembuatan SIM dan SKCK, tetapi termasuk menjawab ketidaktahuan masyarakat. Terus, bila masyarakat mengadu, walaupun bukan pidana tetap diterima dan dilayani, karena itulah bentuk pelayanan kepolisian,” ujar Achmad Kartiko.

Di akhir arahannya, Achmad Kartiko ikut mengingatkan personel untuk tetap menjaga netralitas saat pemilu sesuai arahan dari Mabes Polri terkait mana yang perlu dijaga dan dihindari saat pemilu.

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana dalam kesempatannya mengucapkan selamat datang di Polres Aceh Barat kepada Kapolda Aceh, Irwasda, para pejabat utama, dan seluruh rombongan.

Dalam lapsatnya, Andi Kirana menggambarkan secara umum, bahwa keamanan di wilayah Aceh Barat sangat kondusif, serta siap melaksanakan Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024 sesuai petunjuk dari Mabes Polri dan Polda Aceh.

“Secara umum situasi kamtibmas di wilayah Aceh Barat masih kondusif dan siap melaksanakan Operasi Mantap Brata,” kata Andi Kirana di hadapan Kapolda”.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *