Masuki Masa Panen, Dandim 0507/Bekasi Dampingi Ketua Persit Ikut Panen Sayuran Hasil Media Tanam Hidroponik

KeizalinNews.com Kota Bekasi — Kawasan Urban Farming Kodim 0507/Bekasi Budidaya sayuran dengan media tanam Hidroponik oleh anggota Kodim 0507/Bekasi sudah membuahkan hasil. Hal tersebut tampak ketika Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.M.D.S, bersama Ketua Persit KCK Cabang XXI Dim 0507 Ny. Fitri Rico Ricardo melakukan panen pada Senin (q2/2/2024).

Tidak menunggu waktu lama, sayuran berjenis Pakcoy, bayam merah dan sawi hijau yang ditanam melalui Hidroponik tersebut dapat di panen dalam waktu kurang lebih 28 hari terhitung masa tanam.

Bacaan Lainnya

Semua jenis tanaman tersebut sangat mudah dibudidayakan baik melalui media tanah ataupun Hidroponik.

Untuk diketahui, Sayuran Pakcoy, bayam merah dan sawi hijau yang di kembangkan melalui Hidroponik ini merupakan hasil pemanfaatan lahan kosong yang ada di markas Kodim 0507/Bekasi sebagai bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan di wilayah.

Terlihat di lokasi Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS mendampingi Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXI Dim 0507 Ny. Fitri Rico Ricardo bersama pengurus Persit melakukan panen.

Melalui Pasiter Kodim 0507/Bekasi Kapten Inf Yos Hendri Dandim 0507/Bekasi mengatakan, bahwa kegiatan urban farming yang di lakukan oleh Kodim 0507/Bekasi saat ini merupakan perintah dari Komando Atas dalam rangka mendukung program ketahanan pangan yang di gagas oleh Bapak Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjend TNI Mohamad Hasan, yang mana pelaksanaan tersebut dilakukan serentak secara Daring pada waktu sebulan lalu.

“Saat ini kami melakukan penanaman jenis sayuran berupa sayuran pokcoy, bayam merah dan sawi hijau dengan metode hidroponik,”jelas Kapten Yos.

“Selain itu, kami juga memelihara ikan nila dan lele serta menanam sayuran lain seperti tomat, cabe dan terong dengan menggunakan media tanam bahan organik, jadi semuanya aman untuk di konsumsi,”.lanjutnya.

“Untuk perawatan kami lakukan sistem edukasi secara bergilir, setiap hari satu orang Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0507/Bekasi, dengan harapan mereka juga mengetahui cara memelihara dan merawat tanaman dan ikan, sehingga apabila mereka mempunyai lahan kosong di rumahnya dapat di manfaatkan untuk urban farming,”tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Persit KCK Cabang XXI Dim 0507 beserta para jajaran pengurus Persit berkesempatan untuk memberikan pakan ikan nila dan lele.

Adapun hasil panen sayur mayur saat ini menghasilkan sayur dari media hidroponik sebanyak kurang lebih 20kg dari tiga jenis sayur seperti sayuran pokcoy, bayam merah dan sawi hijau.

(Hera)

(Sumber Kodim 0507/Bekasi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *