Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024, Lapas IIA Parepare Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

KeizalinNews.Com,Parepare (Sulsel)–Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare menggelar kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan. Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Makam Pahlawan Paccekke Kota Parepare pada hari Kamis, (25/4/2024).

Hadir Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Polres Kota Parepare, Batalyon B Pelopor Brimob Parepare, Kodim 1405/Mallusetasi, Denpom VII/4 Parepare, BRIGIF 11/Badik Sakti Parepare, Pengadilan Negeri Parepare, Kejaksaan Negeri Parepare, SATPOL PP Parepare, Kementerian Agama Kota Parepare dan Cabang PIPAS Lapas IIA Parepare. Sebagai Inspektur Upacara Asisten III bidang Administrasi Umum Pemkot Parepare Eko Wahyu Ariadi mewakili Pejabat Walikota Parepare.

Bacaan Lainnya

Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan bukanlah sekedar kegiatan seremonial belaka, namun sejatinya merupakan bentuk penghormatan terhadap dedikasi para pahlawan yang dengan penuh keikhlasan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesaia (NKRI).

Selain itu dengan ziarah ke makam para pahlawan, dapat menjadi momen untuk mengenang para pahlawan yang memiliki sikap yang dapat menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten III Eko W Ariadi usai mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami mewakili PJ Walikota Parepare sangat mengapresiasi kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIA Parepare dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024 ini. Kegiatan yang positif ini mengindikasikan bahwa Lembaga Pemasyarakatan IIA Parepare akan menjadikan para pahlawan sebagai teladan dalam melakukan transformasi layanan ke arah yang lebih baik dan positif menuju Pemasyarakatan PASTI Berdampak, sebagaimana kita ketahui para pahlawan tidak hanya mengedepankan semangat patriotisme dalam berjuang namun juga memiliki akhlak yang baik dan mulia. Hal tersebut sangat relevan dengan tema yang diusung tahun ini yakni “Pemasyarakatan PASTI Berdampak,” tegasnya.

Sementara Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH menyampaikan bahwa keteladanan terhadap para pahlawan merupakan hal yang penting mengingat para pahlawan tidak saja menjadi panutan dalam sikap patriotisme merebut dan mempertahankan kemerdekaan, namun sikap ikhlas tanpa pamrih dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa merupakan sikap yang patut diteladani.

“Para pahlawan tidak saja menjadi panutan dalam hal sikap patriotisme yang mereka tunjukkan dalam merebut dan mempertahakan kemerdekaan, namun sikap tulus ikhlas tanpa pamrih merupakan sifat yang sangat jarang dimiliki seseorang saat ini. Kepada generasi sebagai penerus perjuangan bangsa, tokoh-tokoh pahlawan wajib untuk dijadikan panutan. Maka sangatlah relevan jika saat ini para pahlawan menjadi panutan dalam melakukan transformasi layanan ke arah yang lebih baik menuju Pemasyarakatan PASTI Berdampak,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa para pahlawan sekaligus menjadi tokoh masyarakat yang sikap dan perilaku mereka masih menjadi kisah teladan yang patut dicontoh oleh para generasi muda penerus bangsa hingga saat ini.

Kepala Lapas Kelas IIA Parepare mengucapkan banyak terima kasih kepada Pejabat Walikota Parepare, Rekan-rekan TNI dan POLRI, Aparat Penegak Hukum lainnya dan Jajaran Forkompinda Kota Parepare, Jajaran Lapas IIA Parepare, Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Kementerian Agama Kota Parepare, Satpol PP Kota Parepare dan Ketua Cabang PIPAS Lapas IIA Parepare beserta anggotanya yang hadir pada acara Ziarah Dan Tabur Bunga di TMP dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024.(*)

Editor : Cecep

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *